BLOG

Hal-hal Apa yang Menjadi Penyebab Demam Tifoid?

Demam tifoid jadi penyakit yang cukup umum terjadi di masyarakat. Makanya, kenali gejala demam tifoid dan penyebabnya agar kamu bisa terhindar.

09 August 2019

Memasuki sore hari, menjelang pulang kerja, Ahmad kembali mulai merasakan badannya seperti meriang. Nafasnya terasa panas, kepalanya sakit, dan tubuhnya semakin lemas. Sudah 3 hari terakhir Ahmad terus merasakan kondisi itu mulai sore hingga malam. Kondisi badannya semakin tidak enak.

Ahmad mengalami demam yang semakin tinggi, dan memutuskan untuk pergi ke rumah sakit. Setelah mendengar gejala-gejala yang disebutkan Ahmad, dokter menganjurkan Ahmad untuk melakukan tes laboratorium. Beberapa jam kemudian, hasil tes keluar dan kondisi yang dialami Ahmad merupakan gejala demam tifoid.

Seperti yang sudah kamu ketahui, penyakit tifoid adalah penyakit infeksi bakteri yang dapat menyebar ke seluruh tubuh dan mempengaruhi banyak organ. Umumnya, penderita demam tifoid ada pada kelompok usia 5 - 30 tahun dengan masa inkubasi 3 sampai 60 hari.

Demam tifoid erat kaitannya dengan soal kebersihan lingkungan yang buruk dan air yang kotor, dan penyakit ini butuh penanganan yang cepat, karena kalau tidak segera diatasi bisa menyebabkan komplikasi.

Penyebab Penyakit Tifoid
Nah, kamu tentu tidak mau kan sakit demam tifoid! Makanya, agar kamu bisa tahu cara menghindarinya, kamu perlu tahu apa yang jadi penyebabnya.

Demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri ini biasanya ditemukan di makanan atau air yang tidak bersih. Kamu bisa mengalami demam tifoid kalau makanan atau minuman yang kamu konsumsi tidak bersih dan sudah mengandung bakteri tersebut.

Bakteri itu akan masuk ke lambung, sebagian besar akan dimusnahkan oleh asam lambung, tapi sebagian kecilnya akan masuk ke usus halus dan berkembang biak. Kalau sistem kekebalan tubuh kamu kurang bagus, maka akan terjadi infeksi dan bisa masuk ke sistem peredaran darah dan menyebar ke bagian tubuh lain.

Kalau di sekitar kamu ada yang sedang sakit demam tifoid, maka kamu harus hati-hati. Demam tifoid adalah penyakit menular dan kamu punya kemungkinan untuk ikut mengalami penyakit ini.

Dengan kamu tahu apa yang jadi penyebabnya, maka kamu bisa lebih hati-hati agar tidak terkena demam tifoid. Namun, terkadang kamu bisa lengah dan tanpa disadari bakteri penyebabnya masuk ke tubuh kamu. Untuk itu, selain pencegahan, kamu perlu perlindungan, karena ketika kamu mengalami penyakit tifoid, pasti butuh biaya untuk pengobatan dan perawatannya.

Kamu bisa mengandalkan Perlindungan Dana Sehat dari Simplr yang menjamin penyakit demam tifoid, selain demam berdarah, TBC, pneumonia dan difteri. Biaya perawatan dan pengobatan yang kamu keluarkan akan diganti sehingga kamu enggak perlu khawatir berlebihan, soal sakit, apalagi soal biaya perawatan yang besar.

Lihat Referensi Lainnya