BLOG

Kenali Gejala Difteri Agar Bisa Segera Ditangani

Pahami dengan baik gejala penyakit difteri agar bisa segera ditangani dengan tepat.

09 August 2019

Penyakit difteri sempat meresahkan banyak masyarakat Indonesia setelah pada tahun 2017 lalu menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) dan memakan banyak korban. Sejak itu, banyak orang akhirnya lebih aware terhadap penyakit ini. Tapi, sudahkah kamu benar-benar tahu tentang penyakit difteri ini? Tahukah kamu apa saja gejala difteri?

Gejala Penyakit Difteri
Difteri adalah infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae pada hidung dan tenggorokan. Penyakit ini sangat menular. Kamu bahkan bisa tertular bila kamu menyentuh barang penderita difteri atau menghirup udara yang sama ketika ada penderita difteri bersin di dekatmu.

Saat masuk ke tubuh, bakteri akan berkembang biak. Kalau sudah menyebar dan tidak langsung ditangani, bakteri akan masuk ke laring atau paru-paru, dan bila menyebar ke bagian tubuh lain, bisa menghasilkan racun yang berbahaya.

Gejala difteri pada awalnya yang biasanya muncul adalah badan yang lesu, radang tenggorokan dan demam tinggi hingga menggigil. Selanjutnya, saat sudah menyerang sistem pernapasan, bakteri itu akan menghasilkan racun yang akan merusak sel-sel dan jaringan sistem pernapasan.

Kondisi itu akan menyebabkan terbentuknya lapisan berwarna abu-abu tebal pada selaput lendir di sepanjang sistem pernapasan atau pseudomembrane. Lapisan itu bisa menebal bahkan sampai menutup jaringan hidung, amandel dan tenggorokan.

Pembengkakan itu bisa menyebabkan susah bernapas dan menelan. Kalau masih tidak langsung diatasi dengan cepat racun bakterinya bisa menyebar ke aliran darah dan bisa merusak jantung, ginjal dan sistem saraf.

Nah, sekarang kamu tahu dan paham gejala-gejala penyakit difteri, jika kamu atau ada anggota keluarga yang memiliki gejala seperti di atas, segera ke rumah sakit. Bagaimana, mengenal gejala awal penyakit itu sangat penting, kan?!

Selain dengan melakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit difteri, alangkah baik juga kalau kamu punya perlindungan yang tepat, karena perawatan dan pengobatannya pasti akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk itu, kamu bisa mengandalkan Perlindungan Dana Sehat dari Simplr. Dengan hanya menyisihkan uang mulai dari Rp 50.000 per bulan, kamu sudah bisa dapat jaminan perlindungan dari 5 (lima) macam penyakit, termasuk difteri, serta kecelakaan.

Kamu akan mendapatkan benefit untuk rawat inap, jaminan perawatan intensif (ICU), dan juga manfaat tambahan lainnya. Ayo, lindungi dirimu sekarang juga!

Lihat Referensi Lainnya