BLOG

Yuk, Kenali Gejala-gejala TBC!

Banyak orang yang seringkali tidak sadar kalau dirinya mengidap penyakit TBC. Makanya, sangat penting buat kamu untuk tahu apa saja gejala-gejala TBC.

09 August 2019

Sore itu Rian di kejutkan oleh berita duka, Pak Ahmad tetangga sebelahnya meninggal dunia karena penyakit TBC. Pak Ahmad memang sudah mulai batuk-batuk dari beberapa bulan lalu. Namun, sejauh yang Rian ingat, Pak Ahmad masih tampak baik-baik saja. Dia bahkan masih sering bertemu Pak Ahmad di depan rumah dan sempat berbicara beberapa kali.

Karena penasaran, Rian mencoba browsing informasi soal penyakit TBC. Setelah membaca cukup banyak informasi mengenai penyakit tersebut, Rian mulai khawatir atas dirinya dan keluarganya karena dikatakan TBC dapat di tularkan melalui udara.

Ya, TBC merupakan infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang saluran pernapasan utama manusia, yaitu paru-paru. Bakteri tersebut menyebar lewat udara saat orang yang terinfeksi batuk, meludah, bersin, atau berbicara.

Pada awalnya, orang yang terinfeksi dan terkena TBC akan mengalami gejala TBC sebagai berikut:

  • Batuk yang berlangsung lama dan terus-menerus, disertai dahak.
  • Nyeri dada dan sesak napas.
  • Penurunan berat badan secara drastis dan kehilangan nafsu makan.
  • Sering kelelahan.
  • Demam hingga menggigil.

Pada dasarnya, tidak selalu bakteri atau kuman TBC yang masuk ke paru-paru langsung menimbulkan gejala. Kuman TBC bisa saja hanya bersembunyi sampai suatu hari berubah menjadi aktif dan menimbulkan gejala.

Untuk itu, TBC terbagi menjadi dua macam, yaitu:
TB Laten
Kamu terinfeksi TB, tapi bakteri tetap dalam tubuh Anda dalam keadaan tidak aktif dan tidak menimbulkan gejala. TB laten disebut juga TB tidak aktif atau TB infeksim yang enggak menular. Namun, tetap harus hati-hati karena bisa berubah menjadi aktif.

TB Aktif
Kondisi ini membuat kamu mengalami gejala TBC dan bisa menularkan ke orang lain. Kondisi ini bisa terjadi beberapa minggu pertama setelah terinfeksi atau beberapa tahun kemudian.

Penting untuk diketahui, banyak orang tak menyadari bahwa mereka mengalami gejala TBC dan bingung membedakannya dengan penyakit lain. Hal ini memang karena cukup sulit mengenali secara langsung. Gejalanya sendiri dimulai bertahap dan berkembang dalam jangka waktu beberapa minggu hingga berbulan-bulan.

Namun, dengan kamu tahu apa saja gejalanya, paling tidak kamu bisa langsung menyadarinya, khususnya kalau kamu sudah mengalami batuk yang enggak sembuh-sembuh.

Selain itu, sangat penting juga buat kamu untuk menambah perlindungan kalau suatu saat kamu terinfeksi penyakit TBC. Kamu bisa mengandalkan Perlindungan Dana Sehat dari Simplr yang akan membantu menutup biaya perawatan kamu karena terkena TBC dengan beragam manfaat tambahan yang bisa kamu dapatkan.

Tunggu apalagi? Yuk, lindungi dirimu segera!

Lihat Referensi Lainnya