BLOG

Yuk, Pahami Pertolongan Pertama Bila Terserang Demam Berdarah!

Penyakit demam berdarah bisa berakibat fatal, lho! Untuk itu, kamu perlu tahu pertolongan pertama yang harus dilakukan.

09 August 2019

Penyakit demam berdarah masih menjadi momok buat masyarakat Indonesia. Situasi penyakit demam berdarah di Indonesia memang naik-turun dari tahun ke tahun. Tapi tetap saja selalu menjadi ancaman setiap tahunnya, apalagi ketika masuk musim hujan.

Indonesia menjadi negara langganan penyakit demam berdarah, karena iklim Indonesia yang tropis dan merupakan tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak. Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia ada di peringkat kedua dengan kasus penyakit demam berdarah terbesar di antara 30 negara wilayah endemis.

Penyakit demam berdarah adalah infeksi akibat virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Komplikasi penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan pada sejumlah organ, seperti paru, hati, dan jantung. Tekanan darah juga bisa turun drastis sampai bisa mengakibatkan kematian.

Pertolongan Pertama Penyakit DBD
Mengingat penyakit ini bukanlah penyakit yang bisa disepelekan, maka kamu perlu tahu apa saja gejala DBD dan bagaimana pertolongan pertama kalau kamu atau anggota keluargamu mengalami penyakit demam berdarah.

Gejala DBD yang biasanya muncul adalah:

  • Panas tinggi secara mendadak selama 2 - 7 hari.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Badan terus-terusan merasa lelah dan lesu.
  • Mual hingga muntah.
  • Wajah jadi kemerahan.
  • Sakit tenggorokan dan nyeri kepala.
  • Pada anak-anak biasanya disertai bintik-bintik merah pada kulit.

Nah, kalau sudah mengalami gejala-gejala tersebut, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah:

  • Minum air sebanyak mungkin untuk mencegah dehidrasi, karena demam yang tinggi dan muntah dapat menyebabkan tubuh dehidrasi.
  • Istirahat total dan hindari aktivitas yang berat selama demam dan fase syok.
  • Konsumsi obat pereda demam dan nyeri seperti Paracetamol untuk membantu meredakan demam dan rasa nyeri yang timbul.
  • Bantu juga dengan melakukan kompres tidak hanya di dahi, tapi bagian tubuh lain seperti di ketiak dan kepala untuk memindahkan panas ke kompresan yang kamu gunakan.

Perlu kamu ingat, bahwa pertolongan pertama tersebut hanya untuk fase awal saja. Kamu tetap harus pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut supaya tidak menjadi lebih fatal.

Selain itu, menambah perlindungan untuk kamu dan keluarga penting banget hukumnya, karena kamu pasti akan mengeluarkan biaya yang lumayan untuk perawatan jika terkena penyakit demam berdarah.

Kamu bisa mengandalkan Perlindungan Dana Sehat dari Simplr yang menjamin penyakit demam berdarah, selain demam tifoid, TBC, pneumonia dan difteri. Biaya perawatan dan pengobatan yang kamu keluarkan saat mengidap penyakit tersebut akan diganti sehingga kamu enggak perlu khawatir lagi, soal sakit serta biaya rumah sakit yang mahal.

Lihat Referensi Lainnya