chevron_left Kembali

Claim Information

Kapan kita dapat mengajukan klaim?

Saat terjadinya resiko yang di cover oleh polis tiap – tiap produk yang kamu beli.

Berikut dua contoh manfaat yang di lindungi dari 3 produk yang berbeda:

  • Resiko kematian  (Produk Perlindungan Gaya Hidup).

  • Mobil hilang karena dicuri (Produk Perlindungan Kendaraan Bermotor).

  • Biaya rawat inap untuk penyakit Demam Berdarah (Produk Perlindungan Dana Sehat)

Untuk mengetahui lebih lengkap manfaat apa yang kamu miliki bisa dilihat pada ikhtisar polis dan naskah polis yang kamu dapat saat pembelian produk Simplr.

Bagaimana cara mengajukan klaim?

Kamu dapat melihat panduan pengajuan klaim dan mengunduh form pengajuan klaim pada “CARA KLAIM” yang ada di www.simplr.id dalam menu utama sebelah pojok kanan atas

Kemudian mengirimkan semua dokumen yang di butuhkan melalui email di customercare@simplr.id

Atau hubungi Call Center kami di 021-1500554

Link ke video klaim: https://www.youtube.com/watch?v=QfW7B9mmL2o

Apakah dokumen klaim harus asli atau photocopy?

Tergantung jenis dokumen yang diminta, mengacu pada pasal 14 dalam naskah polis yang kamu dapatkan saat awal pembelian.

Apa alasan klaim di tolak?

  • Klaim yang di ajukan masuk kedalam pengecualian dalam polis (mengacu pada naskah polis tiap produk yang di miliki).

  • Klaim yang di ajukan tidak sesuai dengan kejadian/tidak benar (mengacu pada naskah polis tiap produk yang dimiliki).

  • Melakukan hal - hal yang menyebabkan hilangnya hak atas ganti rugi (mengacu pada naskah polis tiap produk yang dimiliki).

Bagaimana alur proses pembayaran klaim dalam Simplr?

Alur proses pembayaran klaim dalam SImplr:

  • Menerima pengajuan klaim lewat Call Center di 021-1500 554/WhatsApp 089504500554.

  • Menerima formulir klaim yang telah di isi lengkap beserta kelengkapan dokumen lain yang di perlukan.

  • Simplr akan mengirimkan notifikasi penerimaan dokumen dan proses klaim yang berjalan.

  • Simplr akan mengirimkan notifikasi persetujuan/penolakan klaim.

  • Setelah disetujui, lanjut ke proses pembayaran klaim maksimum 30 hari dana diterima.

Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk klaim produk perlindungan Gaya Hidup?

Dokumen wajib yang harus kamu berikan saat klaim karena terjadi kecelakaan adalah:

 

  • Formulir laporan pengajuan klaim.

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).

 

A. Dokumen pendukung klaim jika tertanggung meninggal dunia:

  • Surat keterangan mengenai hasil pemeriksaan jenazah (Visum et Repertum) jika diperlukan atau,

  • Fotocopy surat keterangan meninggal dunia dari Lurah atau kepolisian setempat atau,

  • Surat keterangan para saksi.

  • Kartu Keluarga yang dilegalisir dan Copy KTP Ahli Waris.

 

B. Dokumen pendukung klaim jika Tertanggung hilang:

  • Surat keterangan tentang kecelakaan dan penghentian pencarian dari pihak yang berwenang.

  • Surat pernyataan dari ahli waris akan mengembalikan santunan apabila Tertanggung diketemukan kembali dalam keadaan hidup.

  • Kartu Keluarga yang dilegalisir dan Copy KTP Ahli Waris.

 

C. Dokumen pendukung klaim jika Tertanggung mengalami cacat tetap:

  • Surat keterangan pemeriksaan dari Dokter yang melakukan perawatan atau pengobatan.

  • Surat keterangan para saksi.

 

D. Dokumen pendukung klaim jika Tertanggung mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK):

  1. Karena Pailit:

  • Surat keterangan pailit dari pengadilan niaga
  • Surat keterangan Pemutusan Hubungan Kerja dari perusahaan
  • Slip gaji terakhir

 

  1. Karena Perampingan:

  • Surat keterangan dari Depnaker/Disnaker
  • Surat keterangan Pemutusan Hubungan Kerja dari perusahaan
  • Slip gaji terakhir

 

Note: Dokumen lain yang relevan, wajar dan patut diminta oleh Penanggung sehubungan dengan penyelesaian klaim

Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk klaim produk perlindungan Dana Sehat?

Dokumen wajib yang harus kamu berikan untuk pngajuan klaim perlindungan Dana Sehat:

 

  • Formulir pengajuan klaim asuransi Dana Sehat yang telah diisi dengan lengkap;
  • Fotokopi Identitas Diri (KTP/SIM/Paspor) yang masih Berlaku;
  • Asli/fotokopi legalisir resume medis dilengkapi dengan keterangan lama rawat inap;
  • Asli/fotokopi legalisir kuitansi biaya perawatan di Rumah Sakit
  • Nomor rekening pembayaran klaim

 

A. Dokumen pendukung klaim jika Tertanggung menderita salah satu penyakit yang dijamin:

  1. Asli/fotokopi legalisir kuitansi biaya pemeriksaan laboratorium/penunjang lainnya

  2. Asli/fotokopi legalisir hasil pemeriksaan laboratorium/penunjang lainnya untuk:

  • Demam Tifoid/Tipes (Tifus)

  • Hasil pemeriksaan laboratorium yang menunjukkan widal minimal 1/640 atau ditemukannya Salmonella typhi

  • di feses atau Anti-Salmonella typhi IgM 6-10.

  • Demam Berdarah

  • Hasil pemeriksaan laboratorium yang menunjukkan jumlah trombosit kurang dari 150.000 (seratus lima puluh ribu)

  • Difteri

  • Hasil pemeriksaan laboratorium dari swab tenggorokan yang menunjukkan ditemukannya Corynebacterium Diphteriae.

  • Pneumonia

  • Dengan pemeriksaan XRay yang menyatakan bahwa Tertanggung menderita Pneumonia (tanda/infiltrat pada paru-paru).

  • Tuberkulosis

  • Dengan hasil pemeriksaan sputum yang positif atas adanya bakteri Microbacterium tuberculosa.

 

  1. Dokumen pendukung klaim jika Tertanggung meninggal dunia, Ahli Warisnya melengkapi:

  • Fotokopi identitas diri Ahli Waris (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku;

  • Fotokopi Kartu Keluarga

  • Asli/Copy Legalisir (Cap Basah) Surat Keterangan Kematian dari Rumah Sakit/Instansi Pemerintah terkait

 

Note: Dokumen lain yang relevan, wajar dan patut diminta oleh Penanggung sehubungan dengan penyelesaian klaim.

 

Cara klaim Polis ini:
Dokumen klaim yang telah dilengkapi dapat dikirimkan ke alamat:

 

PT. Asuransi Parolamas

Claim Department

Pondok Indah Office Tower 2, 16th Floor Suite 1601

Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310

 

Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk klaim produk perlindungan Kendaraan Bermotor (TLO)?

Dokumen wajib yang harus kamu berikan untuk pngajuan klaim perlindungan Kendaraan Bermotor TLO:

 

A. Dalam hal Kerugian Total

  1. Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian.
  2. Dokumen asli
  • Polis, Sertifikat, Lampiran / Endorsemen.
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, Faktur pembelian, blanko kwitansi dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditanda-tangani Tertanggung.
  • Dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan yang berlaku untuk Kendaraan Bermotor diplomatik atau badan internasional.
  • Buku Kir untuk jenis kendaraan yang wajib Kir.
  • Surat Keterangan Kepolisian Daerah, dalam hal kehilangan keseluruhan.
  • Bukti pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan, dalam hal kehilangan keseluruhan.
  1. Fotocopy Surat Izin Mengemudi milik Pengemudi pada saat kejadian, Kartu Tanda Penduduk Tertanggung.

  2. Foto kerusakan, estimasi biaya perbaikan, jika diminta oleh Penanggung.

  3. Surat Laporan Kepolisian setempat, jika kerugian dan/atau kerusakan melibatkan pihak ketiga atau dalam hal kehilangan sebagian akibat pencurian.

  4. Surat tuntutan dari pihak ketiga jika kerugian dan/atau kerusakan melibatkan pihak ketiga.

  5. Dokumen lain yang relevan yang diminta Penanggung sehubungan dengan penyelesaian klaim.

chat Hubungi Kami