Pentingnya Asuransi Dalam Perencanaan Keuangan

Perencana Keuangan dari Fokus Finansial, Martiana Budiarti menekankan pentingnya asuransi dalam perencanaan keuangan. Asuransi diperlukan dengan segala pertimbangan aspek risiko yang harus selalu diperhitungkan dalam rencana keuangan.

“Ketika anda berdiskusi dengan seorang Perencana Keuangan profesional, setelah Anda mempersiapkan dana darurat maka dia akan menyarankan Anda mempersiapkan kebutuhan asuransi sebelum anda memulai aktivitas investasi,” kata Martiana kepada¬†merdeka.com, Senin (28/3).

Asuransi merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis yang memberikan perlindungan finansial (ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, kesehatan, property dan lain sebagainya, yang akan mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit.

Martiana memaparkan berbagai macam asuransi, tetapi 2 hal yang terpenting dalam perencanaan keuangan adalah Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan.

Bentuk dari asuransi jiwa terdiri dari:

  1. Asuransi traditional : Term Life Insurance (Asuransi Jiwa Berjangka), Whole-Life Insurance, Endowment Insurance (Asuransi Jiwa Dwiguna)
  2. Asuransi Modern, yaitu Unit Link. Secara sederhana, unit-link adalah asuransi jiwa yang ditautkan (linked) dengan investasi

“Asuransi Kesehatan digunakan sebagai cadangan untuk persiapan mengganti biaya pengobatan atau rawat inap di rumah sakit. Asuransi kerugian, seperti halnya asuransi properti, yaitu membayar kehilangan yang disebabkan oleh, kebakaran, pencurian dan kecelakaan,” jelasnya.

Menurut Martiana, semua orang menanggung risiko yang tak bisa diprediksi kapan datangnya. Asuransi membantu meminimalkan risiko itu, sehingga masa depan keuangan pribadi dan keluarga lebih terjamin. Asuransi diperlukan karena datangnya musibah tidak bisa diprediksi dan kematian itu adalah suatu kepastian.

“Perlu anda ketahui bahwa tidak semua jenis asuransi cocok bagi kebutuhan Anda. Jadi sesuaikan jenis asuransi yang akan anda beli dengan kebutuhan yang paling prioritas dalam hidup anda. Pelajari dan pahami dengan seksama sebelum membeli produk asuransi agar anda tidak terbuai dengan rayuan para agen penjual asuransi,” tutupnya.